Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami dan Cara Membuatnya


Disini ada yang belum tau apa itu Osteoporosis. Jika belum tau mari disimak baik baik. Osteoporosis atau biasanya dekenal dengan pengeroposan tulang merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan menurunnya massa tulang. Penyakit ini biasanya sering menyerang orang tua, dan paling banyak menyerang wanita.

Kenapa osteoporosis ini sering terjadi pada wanita, terlebih untuk mereka yang sudah memasuki masa menopause. Osteoporosis ini sering terjadi karena tubuh atau tepatnya tulang kekurangan kalsium. Pada wanita setiap bulan mengalami menstruasi dan akan mengalami periode kehamilan juga menyusui. Semua ini membutuhkan kalsium yang lebih banyak dari pria.

Saat tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Lama kelamaan jika asupan kalsium tidak terpenuhi, tubuh akan terus mengambil kalsium dari tulang yang akan menyebabkan tulang menjadi keropos dan akhirnya mengalami osteoporosis.

Faktor Penyebab Osteoporosis

Beberapa orang yang beresiko terkena penyakit osteoporosis ini ternyata cukup banyak. Kita lihat pada diri sendiri dulu yuk, apakah kita termasuk ke dalam orang yang beresiko terkena osteoporosis. Berikut ini beberapa faktor penyebab osteoporosis:
  1. Terlalu kurus atau bertubuh kecil
  2. Terlalu gemuk atau obesitas
  3. Sering mengkonsumsi alkohol
  4. Perokok aktif maupun pasif
  5. Penggunaan obat steroid yang terlalu sering ( seperti prednisolon atau kortison)
  6. Kurang berolahraga
  7. Konsumsi makanan yang rendah kalsium
  8. Kekurangan vitamin D

Beberapa hal diatas merupakan penyebab dari penyakit osteoporosis. Gejala osteoporosis ini yang seringkali terjadi adalah tulang yang lebih mudah atau tiba tiba patah.

Dexa scan atau tes kepadatan tulang ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk sobat mengetahui gejala osteoporosis secara dini, sehingga perawatan dan pencegahannya dapat sobat lakukan dengan segera.

Cara Pencegahan Osteoporosis

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Lihat yuk apa saja tips cara mencegah osteoporosis ini.

1. Kontrol berat badan
Dengan mempunyai berat badan ideal, kita dapat mencegah terjadinya osteoporosis dini. Memiliki berat badan yang terlalu kurus ataupun trlalu gemuk beresiko tejadinya osteopororsis

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
Konsumsi makanan yang mengandung cukup gizi untuk mencegah terjadinya kekurangan kalsium. Beberapa jenis makanan yang bisa sobat konsumsi untuk menjaga kepadatan tulang ini antara lain susu dan produk susu misalnya keju, yoghurt, kacang kacangan, sayuran, telur, kacang kedele, ikan terutama salmon, sarden dan tuna.

3. Berolah raga
Rajin berolahraga akan membantu menyukupi kebutuhan vitamin D kita. Selain itu, dengan olahraga teratur akan membantu meningkatkan kekuatan masa tulang sobat.

4. Hindari melakukan diet ekstrim
Mempunyai berat badan yang agak berlebih memang bukanlah hal yang menyenangkan. Nmaun melakukaan diet ekstrim untuk mendapatkan tubuh yang ramping juga bukan pilihan yang tepat. Diet ekstrim akan membuat sobat kehilangan asupan nutrisi yang cukup banyak, salah satunya adalah kalsium. Selain resiko osteoporosis, diet ekstrim juga akan mengganggu kesehatan tubuh kita.

Itulah tadi sedikit tentang cara mencegah osteoporosis secara alami, dan semoga bagi yang menderita penyakit ini mudah-mudahan bisa secepatnya diberikan kesembuhan. Amin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel