Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan di Bibir Secara Alami dan Cara Membuatnya



Inilah cara yang paling cocok buat anda di rumah selain aman dan cepat. Setidaknya dalam sebulan sobat pasti pernah mengalami sariawan kan? Pasti setiap orang pernah mengalaminya. Entah itu di lidah atau di bibir. Biasanya sobat akan mengalami sariawan setelah ada bagian mulut tergigit saat makan atau karena terkena ujung sikat gigi. Betul tidak? Hehehe.

Meski wujudnya kecil, tetapi sariawan di lidah tetap saja menyakitkan. Kadang kita menjadi tidak nafsu makan atau minum dikarenakan lidah akan terasa sakit jika kemasukan makanan atau minuman. Jangankan untuk makan, kadang untuk bicara saja kita juga kesulitan.

Cara Mengobati Sariawan di Bibir dan Lidah

Sariawan sebenarnya bisa dengan mudah menyerang sobat saat tubuh dalam kondisi kekurangan vitamin C, vitamin B12, dan juga zat besi. Selain karena kurangnya nutrisi, sariawan akan menghampiri saat sobat tidak menjaga kebersihan mulut atau ketika daya tahan tubuh terlalu lemah.

Tapi tenang saja, jika saat ini sobat sedang kesakitan karena mengalami sariawan, kami punya solusinya! Di apotek sendiri sebenarnya banyak tersedia obat-obatan khusus untuk mengobati sariawan, misalnya saja yang cukup sering dipakai adalah cairan Albothyl. Cukup manjur dan efektif memang. Tetapi bila sobat ingin menggunakan cara yang alami dan tradisional, sobat bisa menggunakan:

1. Tomat
Buah sekaligus sayuran ini memang benar-benar kaya manfaat. Tomat mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan sariawan. Sobat bisa langsung mengonsumsi tomat setelah dicuci bersih atau bisa juga dengan dijadikan jus. Sobat tinggal memilih cara mengolah tomat yang paling nyaman saja.

2. Air kelapa
Air kelapa sangat efektif menggantikan cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga dapat digunakan sebagai obat untuk sariawan. Sobat tinggal meminum saja air kelapa muda. Segar kan?

3. Yoghurt
Yoghurt merupakan minuman yang dapat menjaga keseimbangan bakteri baik pada mulut dan tubuh. Keasaman pada yoghurt juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang ditimbulkan karena sariawan.

4. Kunyit
Sobat pasti terbiasa mengenal kunyit sebagai bumbu dapur saja kan? Eit, ternyata kunyit mampu mengatasi sariawan loh! Siapkan kunyit secukupnya, kemudian cuci dan tumbuk kunyit hingga lembut. Campurkan kunyit yang telah lembut tadi dengan 1 sendok teh gliserin, lalu oleskan ke sariawan sobat.

5. Garam dan baking soda.
Ramuan yang satu ini memang sangat perih. Tetapi sobat perlu mencobanya agar sariawan bisa cepat sembuh. Sebenarnya hanya dengan membubuhi luka sariawan dengan garam saja juga bisa. Namun agar lebih komplit, sobat dapat menambahkan campuran garam, baking soda, dan sedikit air sampai menjadi pasta. Lalu oleskan pasta pada bagian yang sariawan. Tunggu sampai 10 menit, lalu sobat bisa berkumur untuk membersihkan sisa pasta yang masih ada dalam mulut.

Selain kelima bahan alami tadi, sobat juga bisa mengobati sariawan menggunakan lidah buaya, jus plum, daun jarak, serta daun sirih.

Bila sariawan masih belum sembuh biasanya adalah sebuah pertanda bahwa sobat sedang mengalami demam, panas dalam, atau susah BAB. Sariawan memang bukan penyakit yang berbahaya. Tetapi bila hingga berhari-hari masih belum sembuh juga, sebaiknya sobat bisa memeriksakan ke dokter.

Ketahuilah bahwa sariawan juga bisa muncul karena sobat sedang mengalami stres. Oleh sebab itu, usahakan sobat bisa melakukan pencegahan agar tidak terkena sariawan. Misalnya saja dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, perbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, serta berolahraga secara teratur. Sobat sebaiknya juga lebih berhati-hati saat menyikat gigi dan mengunyah makanan agar tidak tergigit.

Selamat mencoba untuk anda dirumah, Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda, Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Sariawan di Lidah dan di Bibir Secara Alami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel