Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Alami dan Cara Membuatnya


Haid atau pre menstrual syndrom (PMS) hal yang bagus buat kesehatan. Haid alias menstruasi adalah hal yang biasa dialami oleh para perempuan yang memasuki usia puber. Haid ditandai dengan keluarnya darah atau sel telur yang tidak dibuahi melalui saluran vagina. Nah, di sini adakah sobat yang mengalami nyeri ketika haid?

Rasa nyeri yang biasanya terjadi pada hari-hari pertama haid merupakan hal yang wajar, sebab itu masih termasuk dalam Premenstrual Syndrome (PMS). Sobat tentu kenal kan dengan istilah PMS? Suatu kondisi di mana sobat merasakan emosi yang meledak-ledak karena rasa nyeri di sekujur tubuh saat sedang menstruasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Hari Pertama

Berbagai gejala PMS biasanya muncul 1 atau 2 minggu menjelang haid dan ditandai dengan payudara terasa nyeri atau bengkak, sobat mulai merasakan pusing, merasa nyeri di daerah perut bagian bawah atau merasa perut kembung, stres, dan juga kelelahan.

Bila sobat sudah mulai merasakan tanda-tanda seperti di atas, sobat bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi nyeri saat haid.

1. Mengompres perut
Saat perut atau punggung bagian bawah mulai terasa nyeri, sobat bisa mengompresnya dengan bantalan pemanas. Atau bila sobat tidak memiliki bantalan pemanas, sobat bisa merebus terlebih dahulu air, lalu masukkan air yang telah panas tersebut ke sebuah botol kaca berukuran kecil atau botol lain yang tahan panas. Kemudian lapisi botol tersebut dengan kain atau handuk. Gunakan sebagai kompres perut pengganti bantalan pemanas. Mudah kan?

2. Berbaring
Berbaring merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan nyeri haid. Sobat dapat berbaring di atas tempat tidur atau sofa agar rasa nyerinya berangsur lenyap. Para wanita biasanya merasakan sakit di daerah punggung. Untuk mengatasinya, sobat dapat memberikan bantal sebagai penyangga lutut, lalu tarik napas panjang dan buanglah perlahan. Lakukan serileks mungkin sampai sobat merasa agak baikan.

3. Pijat secara lembut
Ketika mulai merasa nyeri, sobat bisa mencoba memijat sendiri perut bagian bawah sobat dengan perlahan dan berhati-hati. Selain itu, sobat juga dapat memijat lembut daerah otot bagian dalam tulang kering pada kaki. Pijatan lembut ini bisa melancarkan aliran darah sobat loh.

4. Olahraga ringan
Siapa bilang kalau saat haid tidak boleh berolahraga? Sobat malah dianjurkan untuk berolahraga loh, meskipun hanya olahraga ringan. Setidaknya, cobalah untuk jalan kaki selama 30 menit, jogging, atau senam ringan. Selain untuk menjaga metabolisme tubuh, olahraga ringan ketika haid juga bisa melancarkan darah dan mengurangi nyeri.

5. Makan makanan yang mengandung zat besi
Saat menstruasi, tubuh tentunya akan kehilangan banyak darah. Bagi sobat yang mempunyai riwayat sakit anemia atau tekanan darah rendah akan lebih mudah merasakan nyeri haid. Oleh sebab itu, sebagai salah satu cara untuk mengatasinya, sobat dianjurkan makan makanan yang kaya akan kandungan zat besi. Apa saja? Jangan khawatir, banyak sekali kok jenisnya. Misalnya saja, kacang-kacangan, sayur bayam, ubi rambat merah, dan sebagainya. Cara yang cukup mudah dan murah bukan?

6. Konsumsi pisang
Buah pisang diketahui mengandung tinggi potasium. Karena kandungan ini, buah pisang mampu mengurangi rasa nyeri saat hari pertama menstruasi atau lebih dikenal dengan istilah disminore. Perbanyak konsumsi buah pisang sebelum atau selama menstruasi untuk membantu meringankan rasa nyeri yang datang ketia sobat mendapatkan menstruasi.

7. Jamu kunyit asam
Obat tradisional satu ini memang sangat mujarab untuk menyembuhkan nyeri haid. Saat ini tentu banyak tersedia jamu kunyit asam yang telah dikemas secara modern di toko maupun apotek. Namun, bila sobat ingin membuat sendiri, sobat tinggal menyediakan beberapa ruas kunyit, jahe, serta kencur yang telah diparut dan diperas sarinya. Rebus sari ramuan tadi bersama asam jawa dan juga gula merah. Setelah mendidih, minumlah saat masih hangat. Sobat dapat meminumnya 2 kali sehari.

8. Periksa ke dokter
Bila sobat merasakan sakit terus menerus yang tidak berangsur menghilang, ada baiknya sobat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab nyeri tersebut.

Demikianlah artikel ini kami sajikan semoga rasa sakit anda bisa berkurang. Sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Alami dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel